Notification

×

Iklan

Iklan

Vaksin Covid-19 Kabupaten Paluta Akan di Distribusikan 1 Februari Mendatang

Jumat, 29 Januari 2021 | 23:24 WIB Last Updated 2022-05-27T16:54:49Z

Distribusi vaksin Covid-19 di Sumatera Utara (Infosumutku).


DALTONEWS.COM, PALUTA - Sesuai yang dijadwalkan, Vaksin Covid-19 untuk kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan didistribusikan pada tanggal 1 Februari 2021 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Paluta Sri Prihatin Harahap, Jumat (29/1/2021).

Ia menyebutkan, sesuai hasil koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, pendistribusian vaksin Covid-19 ke Kabupaten Paluta dari Medan akan dilakukan pada 1 Februari 2021.

“Hasil koordinasi kita dengan pihak Provsu, jadwal untuk kabupaten Paluta akan didistribusikan pada 1 Februari jika tidak ada kendala,” ujarnya.

Disebutkannya, untuk pendistribusiannya pihak Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Paluta akan melakukan penjemputan ke Medan dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Sedangkan untuk penyimpanannya, ia menerangkan bahwa freezer untuk menampung atau menyimpan vaksin telah disiapkan di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Paluta.

“Freezer sudah siap di gudang farmasi dari kemarin dan saat ini kita sedang mengadakan rapat koordinasi dengan pihak kepolisian untuk persiapan tim penjemputan vaksin Covid-19 ke Medan,” terangnya.

Senada, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Paluta Afrida Henny Simamora menyebutkan bahwa berdasarkan lampiran surat dari Kemenkes RI nomor : SR.02.06/II/80/2021 tanggal 8 Januari 2021 perihal distribusi vaksin dan rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19, jumlah dosis vaksin yang akan didapatkan Kabupaten Paluta sebanyak 2560 vial untuk 1280 orang.

“Kalau tidak ada perubahan, sesuai lampiran surat dari Kemenkes beberapa waktu lalu, jatah vaksin untuk Paluta sebanyak 2560 dosis yang diperuntukkan 1280 orang,” jelasnya.

Menurutnya, vaksinasi tahap awal diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan covid-19. Pasalnya, mereka paling rentan terinfeksi virus tersebut dan sesuai update sudah beberapa tenaga kesehatan yang terinfeksi covid-19 khususnya didaerah Paluta.

“Untuk tahap ini diprioritaskan untuk Nakes yang diharapkan dengan vaksinasi nanti mereka dapat maksimal melayani masyarakat dan menangani kasus Covid-19, sekaligus terhindar dari risiko terinfeksi," pungkasnya. (Ar)

×
Berita Terbaru Update