Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Inovasi Dalam Penguatan Ekonomi UMKM di Sumatera Utara

Rabu, 10 Februari 2021 | 16:50 WIB Last Updated 2022-05-27T16:54:45Z

Ketua LINKS USU saat memberikan cendera mata kepada TP PKK Sumut dan Sumbar.


DALTONEWS.COM, MEDAN - Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis (LINKS) Universitas Sumatera Utara merupakan suatu lembaga yang menginkubasi mahasiswa/i yang memiliki inovasi untuk memproduksi produk-produk yang memiliki nilai jual lebih.

Ketua LINKS USU Lilis Sukeksi menjelaskan, Lembaga ini berfokus melatih mahasiswanya untuk memproduksi produk-produk inovatif dengan mengutamakan kekayaan sumber daya alam yang ada dalam suatu daerah tertentu guna meningkatkan kesejahteraan perekonomian daerah tersebut.

Lilis Sukeksi yang juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Teknik Kimia USU ini menjelaskan, LINKS USU melakukan pengembangan dan penguatan agar UMKM mampu bersaing didalam pangsa pasar.

"Setiap tahunnya kita telah mengadakan sejumlah program pelatihan mulai dari packaging produk hingga pemasaran produk," jelasnya saat menerima kedatangan TP PKK Sumut dan Sumbar di Gallery Artsari USU, Selasa (9/2).

Lilis mengaku, kondisi pandemi Covid-19 menjadi salah penghambat LINKS USU dalam pemasaran produk, apalagi para pengunjung tidak bisa berkunjung secara langsung ke Gallery Artsari USU.

"Kita berharap dengan kunjungan dari TP PKK Sumut dan Sumbar ini bisa terjalin kerjasama yang baik dengan Pemprovsu, karena potensi suatu daerah bisa berkembang apabila kepala daerah ikut andil dalam pengembangannya," jelasnya.

Melihat potensi LINKS USU dalam pengembangan penguatan UMKM Sumut, TP PKK Sumut sangat mengapresiasi produk inovatif yang dihasilkan. Mewakili Ketua TP PKK Sumut Ny Nawal Edi Rahmayadi, Reza Pahlevi menjelaskan PKK Sumut akan mengadakan pelatihan bersama PKK Kabupaten/Kota juga PKK desa bersama LINKS USU untuk menghasilkan produk barang muatan lokal yang inovatif.

"Dalam kondisi pandemi Covid-19, UMKM yang di Sumut diharapkan harus mampu berinovasi dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada guna menghasilkan produk yang inovatif, yang mana bisa membantu tidak hanya dari segi UMKM namun dari segi kesehatan," jelasnya.

Ia juga menambahkan pada masa pandemi Covid-19, TP PKK Sumut bersama Ketua Dekranasda Provinsi telah melaksanakan kegiatan pelatihan promosi berbasis online dan juga membantu permodalan dengan membagikan 600 gerobak untuk ahli usaha pelaku UMKM yang sudah dilengkapi dengan peralatan untuk berjualan.

“Semoga kerjasama TP PKK Sumut bersama LINKS USU bisa berbicara ditingkat nasional, juga TP PKK yang ada di tingkat desa maupun kelurahan mampu berinovasi menghasilkan produk-produk yang inovatif," jelas Reza Pahlevi.

Menanggapi Kunjungan TP PKK Sumut dan Sumbar, mentor UKM di LINKS USU Anwar Sadat Siregar menyambut baik pertemuan kedua belah pihak, menurut Anwar yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni Manajemen FE USU itu, langkah TP PKK Sumut Sudah tepat dengan menggandeng Perguruan Tinggi dalam pengembangan kesejahteraan keluarga masyarakat.

"Dengan adanya kolaborasi antara Pemerintah, Masyarakat, Perguruan Tinggi dan Swasta maka cita-cita Sumut Bermartabat tak mustahil akan diraih," ujar Anwar.

×
Berita Terbaru Update