Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Paluta Pimpin Upacara HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Tahun 2021

Selasa, 30 Maret 2021 | 14:09 WIB Last Updated 2022-05-27T16:54:36Z

Bupati Paluta Andar Amin Harahap didampingi Kasatpol PP mengecek pasukan upacara.


Daltonews.com, PALUTA - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja ke-71, Satuan Perlindungan Masyarakat ke-59 serta Pemadam Kebakaran ke-102 tahun 2021 di halaman kantor Bupati Paluta, Selasa (29/3/2021).

Upacara ketiga satuan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap juga dihadiri oleh Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap, Dandim 0212 TS Letkol Rooy Chandra Sihombing, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kajari Paluta Andri Kurniawan, Sekdakab  Burhan Harahap, Forkompida, sejumlah pimpinan OPD dan diikuti oleh peserta dari personil TNI/Polri bersama personil Satpol PP, Satlinmas dan Damkar kabupaten Paluta.

Dalam amanat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang dibacakan langsung oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap menyampaikan bahwa melalui peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dengan pembenahan dalam berbagai aspek.

Hal ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, dapat dilakukan secara lebih profesional, kompeten dan berdedikasi tinggi serta lebih mengedepankan sikap dan tindakan yang bersifat edukatif, persuasif dan sesuai dengan budaya masyarakat setempat.
Kemudian, peringatan HUT Satpol PP ke-71, Satlinmas ke-59 serta Damkar ke-102 yang dilaksanakan hari ini dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 terasa sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, tema HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun 2021 yakni "kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan perlindungan masyarakat mendukung pencegahan dan pengendalian Covid-19 untuk Indonesia yang maju dan sehat" serta tema peringatan HUT Pemadam Kebakaran "Pemadam Kebakaran dan penyelamatan yang profesional, mandiri dan melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru".

Mengacu pada tema tersebut, saya mengajak seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar untuk semakin meningkatkan semangat dan pengabdian kepada bangsa dan negara demi mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia maju dan sehat,” ujarnya.

Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas serta Damkar tahun 2021 ini hendaklah dijadikan sebagai refleksi untuk bersikap semakin tegas namun tetap humanis, proaktif dalam menjalankan tugas dilapangan serta tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam panca Wira Satya Polisi Pamong Praja.

Anggota Satlinmas juga diharapkan agar senantiasa pro aktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi diwilayah masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum dan anggota satuan Damkar bukan hanya bertugas sebagai pemadam kebakaran tetapi juga memiliki misi penyelamatan dan diharap jajaran petugas Damkar agar responsif dan proaktif, selalu siaga dan memiliki respon cepat ketika ada bencana kebakaran serta proaktif mencegah terjadinya kebakaran.

Menutup amanatnya, Mendagri juga menyampaikan beberapa hal yang memerlukan perhatian anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar antara lain :
1. Tingkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19,
2. Tingkatkan pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan dalam mengawal urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sebagai urusan wajib pemerintahan yang terkait dengan pelayanan dasar,
3. Perkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu dan salin menghormati,
4. Perkuat pelaksanaan tugas yang tegas namun tetap humanis dan senantiasa memperhatikan aspek hak asasi manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja,
5. Tingkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan bekerjasama dengan unsur Polri dan TNI dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.
6.
Usai menyampaikan amanat Mendagri, Bupati Paluta Andar Amin Harahap didampingi Kasatpol PP Paluta Darman Hadibuan melakukan peninjauan dan pengecekan pasukan peserta upacara.

Pantauan, upacara yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan juga diisi dengan penampilan atraksi serta yel-yel dari personil Satpol PP, Satlinmas dan Damkar kabupaten Paluta.(Ar)

×
Berita Terbaru Update