Notification

×

Iklan

Iklan

Peringatan Hari Kartini, Dinas P3APPKB Berikan Pelayanan KB Gratis

Rabu, 21 April 2021 | 14:57 WIB Last Updated 2022-05-27T16:54:33Z

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Paluta pantau pelaksanaan pelayanan KB gratis.


Daltonews.com, Paluta - Dalam rangka memperingati Hari Kartini ke -143 Tahun 2021, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APP dan KB) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyelenggarakan pelayanan KB gratis serentak untuk masyarakat, Rabu (21/4/2021).

Kegiatan pelayanan KB gratis yang dipusatkan di Puskesmas Gunungtua ditinjau langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Burhan Harahap dan juga ketua TP PKK Kabupaten Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap diwakili wakil ketua Ny Masdoripa Hariro Harahap beserta rombongan.

Kepala Dinas P3APP dan KB kabupaten Paluta Hasbullah Harahap menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi dari kepala BKKBN pusat untuk melaksanakan pelayanan KB gratis dalam menyambut Hari Kartini.

“Pelayanan KB gratis ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kartini,” ujarnya.

Selain itu, pertumbuhan penduduk yang sekarang ini mulai merangkak naik dan perlu diimbangi dengan cara pengendalian laju pertumbuhannya, sehingga bisa seimbang dengan program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tambahnya, selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak, program KB juga diharapkan dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga, sehingga terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Karena itu kita berharap, semoga partisipasi keikutsertaan masyarakat menggunakan KB di Paluta meningkat. Sebab hal itu menandakan bahwa kesadaran masyarakat tentang perencanaan keluarga semakin membaik,” harapnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera Dewi Maslima Siregar mengungkapkan dalam momentum hari Kartini tahun ini, pihaknya menargetkan lima orang aseptor di setiap faskes dengan pelayanan yang diberikan berupa IUD dan Implan ataupun metode lainnya.

Katanya, pelaksanaan pelayanan KB gratis ini juga dilaksanakan secara serentak di 17 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di kabupaten Paluta.

“Targetnya lima akseptor di setiap Puskesmas. Itu target minimal berdasarkan Intruksi Kepala BKKBN Pusat. Kalau lebih tetap kita layani,” ujarnya.

Tambahnya, kegiatan pelayanan KB gratis ini dijadwalkan selama satu hari dan untuk pemasangan alat KB tersebut dilakukan oleh petugas kesehatan yang ada di faskes masing-masing.

Pantauan, Wakil Ketua TP PKK Paluta Ny Masdoripa Hariro Harahap tampak melakukan interaksi dan motivasi kepada para ibu-ibu yang sedang mengikuti pemasangan alat kontrasepsi di ruang rawat Puskesmas Gunungtua.(Ar)

×
Berita Terbaru Update