Notification

×

Iklan

Iklan

Tinjau Sosialisasi Pembuatan Pola dan Motif Batik Paluta, Ketua Dekranasda Paluta Berikan Penghargaan Kepada Pengrajin

Kamis, 15 Juli 2021 | 17:54 WIB Last Updated 2022-05-27T16:54:18Z

Foto: Ketua Dekranasda Kabupaten Paluta Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap menyerahkan penghargaan berupa peralatan membatik kepada peserta sosialisasi, (15/07/2021). (Istimewa)


Daltonews.com, Paluta - Ketua Dekranasda Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap meninjau pelaksanaan kegiatan sosialisasi pembuatan pola dan motif batik Kabupaten Paluta yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Paluta di aula Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Paluta, Kamis (15/07/2021).

Acara yang diikuti oleh puluhan pengrajin batik di Kabupaten Paluta ini menghadirkan narasumber Rafika Johani pengusaha batik dan pemilik Langgam Batik dan Souvenir dari kota Medan.

Ketua Dekranasda Kabupaten Paluta Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap saat meninjau pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut mengungkapkan melalui kegiatan sosialisasi pembuatan pola dan motif batik Kabupaten Paluta ini diharapkan dapat menghasilkan karya-karya dan inovasi-inovasi baru dalam pembuatan batik khas kabupaten Paluta.

"Disini saya melihat karya-karya dengan motif khas Kabupaten Paluta yang dikerjakan dalam waktu yang sangat singkat dalam 2 hari, Alhamdulillah saya merasa senang sekali dengan kegiatan ini hasilnya bagus-bagus, melalui kegiatan semoga menjadi motivasi bagi kita bahwa di Kabupaten Paluta ini kita mempunyai batik dan tenun," ungkapnya.

Ade juga menuturkan sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Paluta ia berkeinginan untuk mengangkat dan mengenalkan Kabupaten Paluta melalui karya seni batik dan tenun khas Kabupaten Paluta.

"Melalui karya seni ini saya sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Paluta berkeinginan untuk mengangkat karya seni batik dan tenun agar Kabupaten Paluta ini dapat dikenal di Indonesia bahkan Internasional, tidak menutup kemungkinan, namanya kita usaha, karna karya seni ini tidak bisa dinilai oleh apapun, itu merupakan kreasi dari imaginasi kita sendiri," ujarnya.

Senada, Kadis Perindag Kabupaten Paluta Ridi AP, melalui Kabid Perindustrian Fauziah Amini Lubis mengatakan melalui kegiatan sosialisasi pembuatan pola dan motif batik ini diharapkan dapat memotivasi dan memicu hadirnya pengrajin-pengrajin batik baru di Kabupaten Paluta.

"Kita harapkan melalui kegiatan sosialisasi ini akan muncul pengrajin-pengrajin batik seperti pengrajin batik Sri Sekar Najogi yang mengangkat kebudayaan dan ciri khas kabupaten Paluta yang dituangkan kedalam bentuk pola dan motif batik," harapnya.

Dalam acara tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Paluta Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap juga menyerahkan penghargaan berupa peralatan dan perlengkapan membatik kepada pengrajin batik Sri Sekar Najogi dari Desa Batang Pane 1, Kecamatan Halongonan Timur sebagai pengrajin yang mempelopori berjalannya batik di Kabupaten Paluta untuk memotivasi pengrajin lainnya dalam menghasilkan karya-karya seni batik khas Kabupaten Paluta.

×
Berita Terbaru Update