Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kemampuan Kader, PC IBI Paluta Gelar Workshop dan Pelatihan Pijat Bayi dan Stimulasi Sensori

Rabu, 25 Agustus 2021 | 19:16 WIB Last Updated 2022-05-27T16:54:12Z

Foto: Kegiatan Workshop dan Pelatihan Pijat Bayi Menstimulasi Tumbuh Kembang dan Sensori Bayi di Ballroom Hotel Sapadia, Rabu (25/08).


Daltonews.com, Paluta - Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (PC IBI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar "Workshop dan Pelatihan Pijat Bayi Menstimulasi Tumbuh Kembang dan Sensori Bayi" di Ballroom Hotel Sapadia, Rabu (25/08/2021).

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wib dibuka oleh ketua PC IBI Kabupaten Paluta Ernita Manurung STr.Keb, M.KM diikuti oleh bidan yang merupakan anggota PC IBI Kabupaten Paluta dan bidan-bidan lainnya yang mengikuti secara virtual.

Ketua PC IBI Paluta Ernita Manurung STr.Keb, M.KM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan dalam melakukan pijatan yang dapat digunakan untuk memberikan stimulasi pada bayi dalam mendukung pertumbuhan bayi.

Kemudian, kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah ilmu dan pemahaman para kalangan bidan yang menjadi peserta dalam memberikan perawatan kepada bayi agar nantinya lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan bertambahnya ilmu dan keahlian para bidan, diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama bayi pasien yang ditangani,” ujarnya.

Dikatakannya, pijat bayi merupakan terapi sentuh yang sudah dikenal sejak lama dan diwariskan secara turun temurun agar mampu memberikan rasa aman, menciptakan hubungan emosi dan sosial yang baik antara ibu dan bayi yang dapat mempengaruhi pola tidur bayi.

“Stimulasi multisensorik, yakni visual adalah kontak mata ibu, misalnya komunikasi verbal, suara musik, penciuman, sentuhan dan kasih sayang saat dilakukan pijat bayi ini,” terangnya.

Disela-sela kegiatan, Ernita Manurung STr.Keb, M.KM yang juga bertindak sebagai ketua panitia, kepada awak media menyebutkan bahwa kegiatan ini diutamakan untuk peserta yang merupakan bidan yang sudah membuka praktek sendiri.

Ia juga menyebutkan bahwa pelaksanaan kegiatan yang dijadwalkan selama 2 hari yakni 25-26 Agustus ini dilakukan dengan sistem Daring dan Luring yang pesertanya adalah para bidan yang bertugas di wilayah kabupaten Paluta.

“Kita utamakan para bidan senior dan sudah membuka praktek sendiri untuk menangani pasien,” sebutnya.

Ernita menyebutkan bahwa narasumber kegiatan ini merupakan tenaga medis yang profesional diantaranya Kabid Binkesmas Dinkes Paluta Emmi Sari Pohan M.Kes, dr Ira Aliza Siregar MKes SpA (K), dr Christoffel L Tobing SPOG, Herlina M.Tr.Keb, CMT, Cay, CHt serta sejumlah narasumber lainnya.

Pantauan, kegiatan workshop dan pelatihan pijat bayi menstimulasi tumbuh kembang dan sensori bayi yang dilaksanakan oleh PC IBI Kabupaten Paluta ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah.(Ar)

×
Berita Terbaru Update