Notification

×

Iklan

Iklan

Nakes di Kabupaten Paluta Mulai Jalani Vaksinasi Dosis Ketiga Jenis Moderna

Jumat, 03 September 2021 | 15:17 WIB Last Updated 2022-05-27T16:54:10Z

Foto: Kadis Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap memantau proses pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga untuk Nakes menggunakan vaksin Moderna di aula kantor Bupati Paluta, Jumat (03/09).


Daltonews.com, Paluta - Kalangan tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sudah mulai menjalani vaksinasi dosis ketiga dengan menggunakan vaksin jenis Moderna, Jumat (03/09/2021).

Kegiatan vaksinasi ketiga atau Booster untuk Nakes dimulai sekitar pukul 10.00 Wib dan dipusatkan di aula serbaguna kantor Bupati Paluta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan  Paluta dr Sri Prihatin Harahap didampingi Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora menjelaskan tahap awal yang disuntik dosis ketiga adalah para nakes seperti dokter, perawat dan petugas pembantu yang menangani pasien Covid-19.

Dikatakannya, untuk vaksin dosis ketiga atau booster yang digunakan saat ini adalah vaksin jenis Moderna setelah sebelumnya pada dosis pertama dan kedua para Nakes disuntikkan vaksin jenis sinovac.

"Vaksinnya jenis Moderna yang saat ini masih fokus untuk Nakes yang sebelumnya sudah menerima vaksin pertama dan kedua," jelasnya.

Lebih lanjut, ada 1382 nakes yang bertugas di puskesmas, rumah sakit maupun faskes lainnya di daerah kabupaten Paluta yang akan menerima vaksin dosis ketiga dan saat ini kabupaten Paluta sudah menerima vaksin moderna sebanyak 480 vial Multi Doos atau sekitar 7000 dosis.

“Sebagian nanti akan kita suntikkan untuk masyarakat yang belum pernah divaksin atau untuk dosis pertama bagi masyarakat sehingga nantinya di dosis kedua juga akan menggunakan vaksin moderna,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ketiga untuk Nakes ini dijadwalkan akan selesai dalam seminggu kedepan dan diharapkan setelah itu bisa menambah daya tahan tubuh para nakes yang berada di garda terdepan penanganan covid-19.

Meski begitu, pihaknya juga masih terus melayani vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat umum dengan menggunakan vaksin Sinovac Biofarma.(Ar)

×
Berita Terbaru Update