Notification

×

Iklan

Iklan

Pelajar SMP dan SMA di Kabupaten Paluta Mulai Divaksin

Jumat, 17 September 2021 | 18:29 WIB Last Updated 2022-05-27T16:54:07Z

 

Foto: Sekdakab Paluta Burhan Harahap berfoto bersama pelajar yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19 di aula serbaguna kantor Bupati Paluta, Jumat (17/09).(Istimewa)

DALTONEWS.COM, PALUTA - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mulai menyasar target vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar yang dipusatkan di aula serbaguna kantor Bupati Paluta, Jumat (17/09).

Kegiatan pelaksanaan vaksinasi untuk kalangan pelajar dipantau langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Burhan Harahap, Kepala Dinas Pendidikan Paluta Enda Mora Harahap, Kepala BPBD Paluta Khairul Harahap, Kabag OPS Polres Tapsel Kompol Abdi Abdillah, Koramil 05 PB beserta sejumlah kepala sekolah.

Sebelum memantau pelaksanaan vaksinasi, Sekdakab Paluta dan beberapa pimpinan OPD mengikuti pengarahan Panglima TNI dan Kapolri yang dilakukan secara virtual serempak di seluruh Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara (Sumut).

Panglima TNI dan Kapolri menyapa beberapa Kabupaten/Kota di Sumut dan berpesan untuk terus melakukan percepatan vaksinasi pada masyarakat diantaranya bagi para pelajar yang sebagian besar sudah melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Kabag Ops Polres Tapsel Kompol Abdi Abdillah menyebutkan bahwa vaksinasi bagi pelajar ini merupakan inisiasi Kapolri bersama Panglima TNI dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 terutama bagi kalangan pelajar usia 12-17 tahun.

Tujuan dari vaksinasi bagi pelajar sebagai ikhtiar dalam melawan Covid-19 sehingga dengan vaksinasi akan terbentuk kekebalan komunitas atau herd immunity pada anak-anak usia sekolah dan remaja di wilayahnya. Dengan imunitas yang kuat dan badan yang sehat sehingga tubuh bisa menangkal dan melawan virus yang masuk.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap melalui Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora menyebutkan bahwa vaksinasi untuk pelajar usia 12-17 tahun ini merupakan dosis pertama.

Katanya, untuk target hari ini adalah pelajar dari SMPN 1 Padang Bolak, SMPN 2 Padang Bolak, SMAN 1 Padang Bolak dan SMAN 2 Padang Bolak dengan menggunakan vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

“Ada sekitar 750 orang pelajar yang ditargetkan untuk vaksinasi pelajar hari ini,” sebutnya.

Afrida menambahkan, vaksinasi untuk tingkat pelajar ini nantinya akan dilakukan secara berkelanjutan kepada seluruh pelajar tingkat SMP dan SMA atau pelajar usia 12-17 tahun yang ada dikabupaten Paluta melalui Puskesmas yang ada di seluruh wilayah kabupaten Paluta.

Untuk teknis pelaksanaan vaksinasi pelajar ini tidak jauh beda dengan pelaksanaan vaksin pada umumnya yaitu harus melalui pemeriksaan kesehatan atau screening terlebih dulu, kemudian penyuntikan vaksin dan observasi setelah di vaksin selama ± 30 menit.(Ar)

×
Berita Terbaru Update