Notification

×

Iklan

Iklan

10 Destinasi Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Kabupaten Padang Lawas Utara

Jumat, 03 Desember 2021 | 13:30 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:49Z

Foto : Candi Bahal I

DALTONEWS.COM - Kabupaten Padang Lawas Utara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, kabupaten Padang Lawas Utara merupakan kabupaten yang dimekarkan dari kabupaten Tapanuli Selatan pada tahun 2007 yang lalu.

Dalam sektor Pariwisata, kabupaten ini mempunyai beberapa destinasi wisata yang cukup terkenal di Sumatera Utara bahkan Mancanegara, beberapa artis Indonesia hingga artis Mancanegara bahkan bintang bola dunia pernah datang berkunjung ke kabupaten Padang Lawas Utara.

Berikut 10 destinasi wisata yang menjadi rekomendasi ketika kamu berkunjung ke kabupaten Padang Lawas Utara berdasarkan data yang dirangkum dari Dinas Pariwisata Kabupaten Padang Lawas Utara dan sumber lainnya :

1. Candi Bahal

Foto : Candi Bahal I

Candi Bahal merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Sriwijaya, Candi Bahal, Biaro Bahal, atau Candi Portibi merupakan kompleks candi Buddha aliran Vajrayana yang terletak di Desa Bahal, Kecamatan Portibi.

Candi ini berjarak sekitar 400 km dari Kota Medan. Bangunan Candi ini terbuat dari bahan bata merah yang diduga berasal dari sekitar abad ke-11 dan berdasarkan beberapa penelitian dikaitkan dengan Kerajaan Pannai, salah satu pelabuhan di pesisir Selat Malaka yang ditaklukan dan menjadi bagian dari mandala Sriwijaya.

Foto : Candi Bahal II

Komplek Candi ini memiliki tiga bangunan kuno yaitu Candi Bahal I, II dan III yang saling berhubungan dan terdiri dalam satu garis yang lurus. Candi Bahal I merupakan Candi yang terbesar di komplek Candi ini. Kakinya berhiasan papan-papan pada sekelilingnya yang berukiran tokoh yaksa berkepala hewan yang sedang menari-nari. Rupa-rupa para penari itu memakai topeng hewani seperti pada upacara di Tibet. Di antara semua papan berhiasan itu ada ukiran singa yang sedang duduk.

Pada Candi Bahal II pernah ditemukan sebuah Arca Heruka, yaitu arca demonis yang mewujudkan tokoh pantheon Agama Buddha aliran Mahayana, sekte bajrayana atau tantrayana. Heruka berdiri di atas jenazah dalam sikap menari; pada tangan kanannya ada tongkat.

Foto : Candi Bahal III

Sementara, Candi Bahal III berukiran hiasan daun. Candi ini diberi nama berdasarkan nama desa tempat bangunan ini berdiri (Desa Bahal). Selain itu nama Portibi dalam bahasa Batak berarti “dunia” atau “bumi”. Arsitektur bangunan candi ini hampir serupa dengan Candi Jabung yang ada Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

2. Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS)

Foto : Kaka Slank (instagram.com/fishgod)

Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) terletak di Desa Batu Nanggar, Kecamatan Batang Onang. BNWS merupakan kawasan konservasi satwa liar yaitu tempat untuk perlindungan satwa liar, khususnya gajah, harimau, siamang, burung rangkong dan hewan lainnya.

Kawasan konservasi ini memiliki luas 600 hektar, dan terdapat belasan gajah yang merupakan korban dari konflik satwa dengan manusia. Gajah-gajah dan harimau tersebut dulunya ditemukan dalam kondisi memprihatinkan, mulai dari tubuh penuh luka hingga sembuh dan mal nutrisi.

Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 90 menit dari kota Gunungtua dan akses menuju ke BNWS sudah mudah dilalui, karena akses jalan yang cukup baik.

Sebagai informasi, grup band Slank, Nadya Hutagalung, bahkan (infonya) David Beckham juga pernah datang ke BNWS.

3. Danau Tahalak Godang (Mandasip)

Foto : Danau Tahalak Godang (instagram.com/tahalakgodang)

Danau Tahalak Godang terletak di Desa Mandasip, Kecamatan Simangambat. Danau ini juga sering disebut Danau Mandasip sesuai dengan nama desa tersebut. Danau Tahalak Godang merupakan danau air payau buatan. Suasana air danau dan ketenangan alam dari pepohonan disekitarnya menyuguhkan ketenangan kepada pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini.

4. Danau Tao

Foto : Danau Tao

Danau Tao terletak di Desa Batang Onang Baru, Kecamatan Batang Onang. Keindahan alam danau ini menawarkan hamparan bebukitan ala teletubbies, rumput yang menghijau dan menguning, juga dikelilingi pepohonan yang sangat rindang serta danau dengan warna hijau toska, keindahan Danau Tao menjadi daya tarik lokal dan manca negara untuk mengunjunginya, masyarakat disekitarnya juga ramah dalam menyambut setiap tamu yang datang dan masih menjunjung tinggi nilai budaya dan adat istiadat yang ada di desa Batang Onang Baru. Danau ini bisa jadi tempat tujuan alternatif untuk libur akhir tahun maupun tahun baru bagi masyarakat lokal dan mancanegara.

5. Air Terjun Salombuk

Foto : Air Terjun Salombuk (instagram.com/exploresipiongot)

Air Terjun Salombuk terletak di Desa Sipiongot Kecamatan Dolok. Air Terjun Salombuk mempunyai air yang begitu jernih dan alami. Suasana di sekitar air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan yang alami juga memberikan ketenangan kepada pengunjung yang datang. Akses ke lokasi Air Terjun Salombuk tidak jauh dari pemukiman warga, sehingga mudah dijangkau dan sudah banyak wisatawan lokal maupun wisatawan luar yang mengunjungi air terjun ini.

6. Air Terjun Sigitan

Foto : Air Terjun Sigitan (instagram.com/exploresipiongot)

Air Terjun Sigitan terletak di Desa Janji Matogu, Kecamatan Dolok. Air Terjun Sigitan memiliki 3 air terjun secara terpisah yang dikelilingi oleh bebatuan besar sehingga menciptakan keindahan airnya yang jernih, udara disekitarnya juga sangat segar karena dikelilingi pepohonan hutan disekitarnya, masyarakat sekitar juga masih kental dengan budaya dan adat istiadat sehingga menarik wisatawan luar daerah maupun wisatawan dalam daerah untuk berkunjung ke wisata Air Terjun Sigitan.

7. Air Terjun Sihorbo

Foto : Air Terjun Sihorbo (instagram.com/exploresipiongot)

Air Terjun Sihorbo terletak di Desa Binanga Gumbot, Kecamatan Dolok. Air Terjun Sihorbo yang memiliki beberapa tingkat, bentuknya sangat unik, air dan udaranya juga sangat sejuk,memiliki spot foto yang sangat indah, dan banyak wisatawan luar daerah yang singgah di Air Terjun Sihorbo. Akses jalan ke Air Terjun Sihorbo masih kurang bagus dan masih sangat butuh perhatian karena jalan akses ke lokasi Air Terjun Sihorbo harus menaiki kendaraan roda dua atau mobil double cabin (4WD).

8. Danau Payagoti

Foto : Danau Payagoti (instagram.com/ade_andarhrp)

Danau Payagoti terletak di Desa Sihambeng, Kecamatan Portibi. Danau alami ini kemudian dikembangkan kembali oleh masyarakat setempat sehingga memiliki keindahan yang alami dan asri, dan cocok untuk berfoto ria. Air Danau Payagoti merupakan air irigasi yang digunakan untuk mengairi sawah masyarakat desa Sihambeng dusun Payagoti. Jarak tempuh dari kota kurang lebih 15 km dan perjalanan yang dilalui tidak terlalu susah ditambah pemandangan persawahan yang indah sepanjang perjalanan.

9. Air Terjun Simarimbus

Foto : Air Terjun Simarimbus (jadesta.com)

Air Terjun Simarimbus terletak di Desa Siombob, Kecamatan Padang Bolak. Selain Air Terjun Simarimbus, di desa ini juga ada wisata alam lainnya yaitu Batu Napiccur (Batu Runcing) merupakan puncak dari desa Siombob, dari atasnya terlihat pemukiman kabupaten Padang Lawas Utara, dan dilengkapi juga dengan wisata budaya yaitu adanya sebuah makam yang memiliki panjang lebih dari 5 meter. Untuk menuju lokasi Air Terjun Simarimbus dapat ditempuh dari kota selama 3 jam dengan jalan yang cukup terjal dengan suasana adventure.

10. Gua Liak Kabor

Foto : Gua Liak Kabor

Gua Liak Kabor di Dusun Sialang Dolok, Desa Batu Gana, Kecamatan Padang Bolak Julu. Gua ini mempunyai 3 pintu untuk masuk ke dalamnya dan saling terhubung, dengan suasana alami dan hamparan perbukitan di sekitar atas gua yang juga menarik untuk dijadikan spot foto. Gua Liak Kabor masih cukup jarang dikunjungi dikarenakan kurang taunya masyarakat tentang gua ini dan akses ke lokasi  yang masih kurang bagus.

×
Berita Terbaru Update