Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Paluta Serahkan Piagam Penghargaan Kepada Kecamatan Stop BABS

Rabu, 15 Desember 2021 | 16:05 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:45Z

Foto : Pemberian piagam penghargaan, (14/12). (Istimewa)

PADANG LAWAS UTARA - Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap memberikan piagam penghargaan kepada kepala desa, kepala puskesmas, Camat serta Danramil yang telah mendeklarasikan wilayahnya untuk Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) tahun 2020, Selasa (14/12/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula serbaguna kantor Bupati Padang Lawas Utara tersebut dihadiri oleh ketua TP PKK Kabupaten Padang Lawas Utara Ny Ade Andar Amin Harahap, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Padang Lawas Utara dr Sri Prihatin Harahap, Sanitarian dari Dinkes Provinsi Sumatera Utara Linda Christina Bangun, camat, kepala desa, beserta undangan lainnya.

Usai menyerahkan piagam penghargaan, Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah mendeklarasikan stop BABS serta seluruh pihak terkait yang sudah berjibaku mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat.

Katanya, pemberian piagam ini merupakan bagian dari strategi dan komitmen Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara dalam membangun masyarakat yang mencakup 3 pilar yakni paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional yang ketiganya tertuang dalam RPJMD serta visi misi Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Dengan stop BABS dan membiaskan mencuci tangan pakai sabun dapat memutus rantai penularan penyakit. Dan dengan menerapkan pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dapat mewujudkan kabupaten Padang Lawas Utara yang lebih bersih dan sehat,” katanya.

Untuk itu, ia sangat menyambut baik penyelenggaran stop BABS dan mengajak seluruh pihak untuk bersama mensukseskan program ini untuk mewujudkan kabupaten Padang Lawas Utara yang sehat. Sebab katanya, pembangunan bidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat sektor kesehatan, akan tetapi harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan lintas sektor dan yang lebih utama peran serta masyarakat.

Pada kesempatan ini, ia juga mengharapkan agar seluruh pihak yang hadir serta lapisan masyarakat lainnya untuk bahu-membahu mengajak masyarakat, sanak saudara ataupun tetangga untuk ikut divaksin sesuai anjuran pemerintah. “Mari bersama mewujudkan Indonesia sehat. Ayo pakai masker, ayo vaksinasi,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan dr Sri Prihatin Harahap dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan program STBM ini dilakukan untuk memicu kesadaran masyarakat berubah perilaku untuk tidak BAB sembarangan seperti di sungai, kebun, paret dan tempat terbuka sehingga menimbulkan vektor penyakit. Ia menambahkan pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara berjenjang sejak tahun 2019 hingga direncanakan tahun 2023 nanti seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Padang Lawas Utara sudah stop BABS.

Diungkapkannya, sasaran kecamatan stop BABS tahun 2020 berada di 3 kecamatan yakni kecamatan Batang Onang dengan jumlah kepala keluarga (KK) sebanyak 3189 KK dimana sesuai data baseline sebanyak 1177 KK masih BABS. Kemudian, kecamatan Padang  Bolak Julu dengan jumlah 2641 KK dimana sesuai data baseline sebanyak 1447 KK masih BABS serta kecamatan Hulu Sihapas dengan jumlah 1344 KK dimana sesuai data baseline sebanyak 543 KK masih BABS.

“Sehingga total masyarakat di tiga kecamatan tersebut berjumlah 3167 KK yang sudah berhasil berubah perilaku untuk stop BABS baik secara mandiri membuat jamban maupun masih sharing atau menumpang MCK di rumah mertua atau saudara,” katanya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut mendukung dan berperan aktif dalam mewujudkan keberhasilan program STBM ini sejak awal hingga selesai demi mewujudkan Padang Lawas Utara yang bersih dan sehat.

Pantauan, selain pemberian penghargaan stop BABS, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara terlebih dahulu menayangkan vidio visual succes story tentang perjalanan tim Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara bersama pihak TNI dan kecamatan dalam mengajak serta memberikan pemahaman kepada masyarakat di tiga kecamatan mendeklarasikan diri untuk stop BABS kedepannya.(Ar)

×
Berita Terbaru Update