Notification

×

Iklan

Iklan

Tutup Kegiatan Pelatihan Batik Cap, Ketua Dekranasda Paluta : Saya Semakin Semangat Kembangkan Batik Paluta

Jumat, 03 Desember 2021 | 23:53 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:48Z

Foto : Ketua Dekranasda Padang Lawas Utara berfoto bersama dengan peserta pelatihan batik cap tahun 2021, (3/12). (Istimewa)

PADANG LAWAS UTARA - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten Padang Lawas Utara Ny. Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap menutup secara resmi kegiatan pelatihan batik cap untuk Industri Kecil Menengah (IKM) kabupaten Padang Lawas Utara, Jumat (3/12/2021).

Pelatihan batik cap IKM kabupaten Padang Lawas Utara yang dilakukan selama 5 hari di aula Lobubara, kecamatan Padang Bolak ini diikuti oleh puluhan pelaku IKM di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Padang Lawas Utara Ridi AP melalui Kabid Perindustrian Fauziah Amini Lubis menyampaikan pelatihan batik cap ini dilakukan untuk mengembangkan dan melestarikan batik khas kabupaten Padang Lawas Utara.

"Pelatihan batik cap ini merupakan pengembangan batik tulis yang sebelumnya sudah ada, tujuannya untuk mempercepat produksi sehingga lebih efisien dan ekonomis," ujarnya.

Ia menambahkan, selain efisiensi dan ekonomisnya batik cap, batik tulis akan dikembangkan sebagai oleh-oleh eksklusif untuk tamu yang datang ke kabupaten Padang Lawas Utara dan untuk pemesanan khusus.

"Mudah-mudahan ini kedepannya bisa menjadi peluang bisnis yang terbuka di kabupaten Padang Lawas Utara, sehingga membuka lapangan perekonomian, jangan berhenti di satu bisnis, harus kita buka peluang-peluang ekonomi yang bisa memberdayakan masyarakat sekitar," jelasnya.

Sementara, Ketua Dekranasda kabupaten Padang Lawas Utara Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap saat menutup pelatihan batik cap tahun 2021 mengungkapkan keseriusannya dalam mengembangkan batik khas Padang Lawas Utara.

"Saya semakin semangat dalam mengembangkan batik khas Padang Lawas Utara, ini merupakan bukti nyata bahwa semangat kita insyaallah akan menambah nilai kreasi dan nilai ekonomi kita di kabupaten Padang Lawas Utara," ungkapnya.

Ia berharap pelatihan terhadap IKM ini kedepannya akan membangkitkan batik khas kabupaten Padang Lawas Utara hingga semakin dikenal di provinsi Sumatera Utara, Indonesia bahkan mancanegara.

"Melalui batik ini mudah-mudahan kita (kabupaten Padang Lawas Utara) dapat semakin dikenal di provinsi Sumatera Utara, Indonesia, bahkan mudah-mudah bisa ke mancanegara. Semangat kita insyaallah mendapat dukungan penuh dari kami Dekranasda, Disperindag dan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara," pungkasnya.(Ar)

×
Berita Terbaru Update