Notification

×

Iklan

Iklan

Wakil Wali Kota Buka Acara Pelatihan Adat Istiadat Forkala Padangsidimpuan

Selasa, 28 Desember 2021 | 08:40 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:42Z

Foto : Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Arwin Siregar saat memberikan sambutan, Senin (27/12/2021).

PADANGSIDIMPUAN - Wakil Wali Kota Padangsidimpuan Arwin Siregar membuka acara pelatihan adat istiadat yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kota Padangsidimpuan di Desa Sabungan Sipabangun, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Senin (27/12/2021).

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Arwin Siregar menyambut baik terlaksananya pelatihan adat istiadat ini, ia mengungkapkan pelatihan ini merupakan sebagai bagian dari upaya melestarikan adat di bumi dalihan natolu. "Ini adalah kegiatan yang baik dalam rangka melestarikan adat di bumi dalihan natolu ini," ujarnya.

Arwin berharap pelatihan adat istiadat yang diselenggarakan Forkala dengan melibatkan Naposo Nauli Bulung ini memberikan dampak yang baik untuk penyelenggaraan acara adat dan istiadat di Kota Padangsidimpuan.

Sementara, Ketua Forkala Padangsidimpuan Sutan Raja Parhimpunan Harahap menyampaikan pelaksanaan pelatihan ini merupakan wujud komitmen Forkala untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan adat di Padangsidimpuan.

"Ini merupakan wujud komitmen kami untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan adat istiadat di Kota Padangsidimpuan terutama Naposo Nauli Bulung yang nantinya akan menjadi generasi penerus kita dalam melaksanakan kegiatan adat," ungkapnya.

Sutan Raja Parhimpunan melaporkan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan antara lain, mangupa boru marbagas/malakka boru, manuturi  atau memberikan poda nasehat kepada Naposo Nauli Bulung, mangupa anak dan tata cara mangoloi di parsidangan.

Naposo Nauli Bulung cukup antusias dalam mengikuti pelatihan adat istiadat ini, hal tersebut dibuktikan dengan jumlah peserta pelatihan yang dilaporkan sebanyak 30 orang dengan pelaksanaan kegiatan selama 2 hari.

×
Berita Terbaru Update