Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Lantosan I Terima Bantuan Keserasian Sosial dari Kemensos, Petani Sambut Gembira

Sabtu, 08 Januari 2022 | 11:14 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:40Z

Foto : Hasil pembangunan jaringan irigasi persawahan di Desa Lantosan I Bantuan Keserasian Sosial Kemensos RI. (Istimewa).

PADANG LAWAS UTARA - Desa Lantosan I, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara menerima Bantuan Keserasian Sosial Tahun 2021 dari Kementerian Sosial RI dalam rangka pencegahan konflik sosial.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Kementerian Sosial RI kepada Forum Keserasian Sosial Lantosan Harapan Maju di dampingi Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara dan Pemerintah Desa Lantosan I yang telah direalisasikan dalam bentuk kegiatan pembangunan jaringan aliran persawahan secara swadaya masyarakat pada tahun 2021 yang lalu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas Utara Ongku Bangsawan Hasyim Harahap menjelaskan program Bantuan Keserasian Sosial ditujukan untuk mencegah konflik dan bencana sosial, serta meningkatkan komitmen masyarakat untuk menjaga perdamaian di masyarakat.

"Program Bantuan Keserasian Sosial ini ditujukan untuk mencegah konflik di masyarakat akibat masalah-masalah sosial yang setiap saat bisa menjadi konflik jika tidak kunjung diatasi," ujarnya ketika meresmikan hasil program Bantuan Keserasian Sosial, Jumat (31/12/2021).

Terpisah, Kepala Desa Lantosan I Mukhlis Harahap menyampaikan pembangunan jaringan aliran persawahan yang dibangun menggunakan dana Bantuan Keserasian Sosial ditujukan untuk mencegah konflik di antara petani yang selama ini berebut air untuk mengairi sawahnya.

"Hasil pertanian ini terkadang mengalami penurun akibat debit air yang tidak mencukupi dan membuat petani melakukan berbagai macam cara untuk mencukupi air sawahnya, ditambah jaringan aliran air yang selama ini hanya satu tentunya membuat petani yang berada di hilir akan mengalami kesulitan air, hal ini tentu dapat memicu konflik jika dibiarkan," ungkapnya kepada daltonews.com, Jumat (07/01/2022).

Mukhlis juga mengucapkan terima kasih atas Bantuan Keserasian Sosial yang diberikan Kementerian Sosial kepada Desa Lantosan I, dengan adanya bantuan ini banyak masyarakatnya yang mayoritas petani merasakan manfaat atas bantuan ini.

"Saya mewakili masyarakat Desa Lantosan I mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, semoga pembangunan jaringan aliran persawahan ini dapat meningkatkan kualitas pertanian di desa kami," harapnya.

Salah seorang petani penerima manfaat pembangunan jaringan aliran persawahan di Desa Lantosan I Arpan Junaidi Siregar menyambut baik program Bantuan Keserasian Sosial yang telah diterima desanya.

"Saya sebagai salah satu petani yang merasakan langsung manfaat pembangunan ini mengucapkan terima kasih kepada Kemenso RI yang telah memberikan bantuan kepada kami, tentunya dengan pembangunan ini mudah-mudahan kedepannya dapat meningkatkan hasil pertanian saya dan petani lainnya," jelasnya.(Ar)

×
Berita Terbaru Update