Notification

×

Iklan

Iklan

Satgas Covid-19 Kabupaten Paluta Gelar Rakor Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Kamis, 06 Januari 2022 | 19:47 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:41Z

Foto : Rapat koordinasi pelaksanaan vaksinasi kepada anak yang berusia usia 6-11 Tahun diposko Satgas Covid-19, Kamis (6/1/2022).

PADANG LAWAS UTARA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar rapat koordinasi pelaksanaan vaksinasi kepada anak yang berusia usia 6 - 11 Tahun di Kabupaten Padang Lawas Utara di posko Satgas Covid-19 kabupaten Padang Lawas Utara, Kamis (6/1/2022).

Rapat yang dipimpin oleh Wakapolres Tapanuli Selatan Kompol Rahman Takdir Harahap dihadiri oleh Asisten I Setdakab Padang Lawas Utara Syarifuddin Harahap, Asisten II Haholongan Siregar, Asisten III Maralobi Siregar, Danramil 05/PB Kapt (Inf) Jungkarnaen Siregar, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, Danramil 06/Dolok Kapt (Inf) Misran Dalimunthe, Kapolsek Dolok AKP Eka Wahyudi, Kadis Pendidikan Sofyan Enda Mora, Kepala Dinas Kesehatan dr Sri Prihatin Harahap, Kadis Kominfo Lairar Rusdi Nasution, Kepala BPBD Khairul Harahap, direktur RSUD dr Anita Lubis dan unsur terkait lainnya.

Wakapolres Tapsel Kompol Rahman Takdir Harahap menyampaikan dalam hal pelaksanaan vaksinasi terhadap anak yang berusia 6-11 tahun di kabupaten Padang Lawas Utara, setiap unsur terkait harus sama-sama bergerak sehingga kedepannya diharapkan untuk mengupayakan kembali menghidupkan posko Satgas Covid-19.

“Ada beberapa yang harus kita siapkan mengingat kelompok anak sudah wajib divaksin antara lain pihak sekolah menyiapkan tempat vaksinasi dan apabila perlu pernyataan dari orang tua agar disiapkan. Untuk vaksinator harus dilengkapi dokter anak dan penanganan KIPI harus disiapkan dan antisipasi jangan terjadi kerumunan massa serta antisipasi anak yang divaksin harus sudah sarapan kalau tidak kita menyiapkan bubur untuk anak sekolah,” terangnya.

Lanjutnya, beberapa tahapan sudah dilakukan terkait jumlah siswa yang akan dilaksanakan sebanyak 35.533 orang. Sedangkan jumlah data dari Kemenag sebanyak 2.435 orang dan jadwal pelaksanaan vaksinasi sudah dijadwalkan di setiap kecamatan untuk setiap sekolah.

Sementara, Kadis Pendidikan Kabupaten Padang Lawas Utara Sofyan Enda Mora menyampaikan bahwa pihaknya sebagai tuan rumah telah menyiapkan langkah-langkah yang akan dilakukan diantaranya dengan menyurati pihak sekolah untuk menyiapkan vaksinasi untuk anak sekolah.

Ia menambahkan, sosialisasi sebenarnya sudah dilakukan pada hari Senin, namun jadwal vaksinasi di majukan dan hal itu tidak menjadi masalah serta pihaknya berharap jadwal pelaksanaan sudah ada agar pihaknya bisa mengatur strategi untuk mengetahui posisi sekolah sebab pihaknya akan mendapingi tim vaksinator perharinya di sekolah.

“Kita harus sama-sama paham bahwa pendekatan sangatlah dibutuhkan dan pendekatan kepada anak sangat berbeda dengan vaksinasi sebelumnya dan jangan karena vaksinasi ini anak sekolah berhenti dari sekolah,” katanya.

Pihaknya berharap petugas keamanan juga harus antisipasi terhadap orangtua murid karena ditakutkan guru menjadi sasaran kemarahan orangtua murid. Pihaknya juga setuju tentang tidak harus adanya surat persetujuan dari orangtua. Ia juga menyarankan agar pelaksanaan vaksinasi di ruang kelas saja supaya tidak terjadi penumpukan anak pada saat pelaksanaan vaksinasi.

Kemudian, Kadis Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara dr Sri Prihatin Harahap menyampaikan agar pada saat pelaksanaan vaksin anak harus di dampingi oleh orang tua. Untuk teknis pelaksanaan vaksinasi agar membuat jadwal yang baik sehingga tidak terjadi penumpukan massa.

“Untuk stok vaksin jenis Sinovac masih ada di Dinas kesehatan dan tim vaksinator sudah siap terkait penanganan KIPI juga sudah disiapkan,” ujarnya.

Direktur RSUD Gunungtua dr Anita Lubis menyampaikan untuk kesiapan dan antisipasi KIPI pihaknya sudah menyiapkan dokter spesialis anak dan dokter spesialis lainnya.

Dari hasil rapat disimpulkan, mulai Jumat tanggal 7 Januari 2022 seluruh kecamatan yang mempunyai Sekolah Dasar (SD) akan melaksanakan vaksinasi bagi umur 6 - 11 tahun dengan jadwal yang telah di tentukan.(Ar)

×
Berita Terbaru Update