Notification

×

Iklan

Iklan

Vaksinasi Anak di Kabupaten Paluta Sudah Mencapai 82 Persen

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:56 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:36Z

Foto : Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap bersama Forkopimda tinjau pelaksanaan vaksin Anak.

PADANG LAWAS UTARA - Vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Padang Lawas Utara hingga hari ini sudah mencapai 82 persen atau sekitar 29 ribu anak dari target sasaran sebanyak 35.647 anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara dr Sri Prihatin Harahap melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dr Afrida Henny Simamora  mengatakan, proses vaksinasi anak sebagian besar sudah dilaksanakan dan tahap entry data.

Afrida mengungkapkan, hanya tinggal beberapa sasaran yang belum divaksin termasuk menyasar anak usia 6 tahun ditingkat PAUD yang ada di wilayah kabupaten Padang Lawas Utara.

“Vaksinasi anak dosis pertama sudah berjalan kurang lebih 2 minggu dan sudah mencapai sekitar 82 persen dari target yang ditentukan. Tinggal menyisir berapa sekolah yang ditunda karena belum cukup interval BIAS, kemudian ada beberapa anak yang tidak masuk atau ditunda karena sakit dan alasan lainnya,” katanya, Selasa (25/01).

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI pasti ada namun selama vaksinasi anak usia 6 - 11 di Kabupaten Padang Lawas Utara belum ditemukan KIPI serius.

Pihaknya juga terus mengejar target vaksinasi guna mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen di Kabupaten Padang Lawas Utara dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac.

“Harapan kita, dalam minggu ini sudah selesai vaksinasi dosis pertama untuk anak usia 6 - 11 tahun untuk memberikan kekebalan kepada seluruh anak didik dan mendukung PTM 100 persen,” katanya.

Masih menurut Afrida, tingkat antusiasme dan kesadaran diri para orang tua untuk mengajak anaknya ke sekolah melakukan vaksinasi sangat tinggi. Karena itu, pihaknya bersama seluruh tim percepatan vaksinasi merasa senang dan turut memberikan apresiasi kepada masyarakat dengan tingkat vaksinasi anak usia 6-11 tahun di kabupaten Padang Lawas Utara yang sudah mencapai angka 82 persen berkat peran serta seluruh pihak dan juga ditambah dengan partisipasi aktif dari para orang tua yang senantiasa antusias menyukseskan program vaksinasi ini.

Sedangkan untuk ketersediaan vaksin di daerah kabupaten Padang Lawas Utara masih dalam tahap aman dan mencukupi yakni vaksin jenis Moderna sebanyak 1978 dosis, Sinovac sebanyak 29.612 dosis, Astrazeneca sebanyak 17.815 dosis dan Pfizer sebanyak 17.550 dosis.

“Meskipun kondisi kasus konfirmasi di daerah kita tidak ada, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, ikuti vaksinasi hingga tahap II dan booster serta gunakan aplikasi PedulibLindungi untuk melindungi kita dan keluarga tercinta. Semoga pandemi ini cepat terlewati dan kondisi di Kabupaten Padang Lawas Utara dapat normal kembali,” pungkasnya.(Ar)

×
Berita Terbaru Update