Notification

×

Iklan

Iklan

Wujudkan Satu Data Paluta, Pemkab Paluta Launching Aplikasi Bagas Data

Rabu, 02 Februari 2022 | 17:24 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:34Z

Foto : Penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara dengan BBPSDMP Kominfo Medan, Rabu (02/02/2022).

PADANG LAWAS UTARA - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar acara Launching Aplikasi Bagas Data Kabupaten Padang Lawas Utara di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Rabu (02/02/2022).

Acara launching tersebut dihadiri oleh Bupati Padang Lawas Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara Burhan Harahap, Wakil Ketua DPRD Padang Lawas Utara Basri Harahap, Perwakilan Diskominfo Provinsi Sumatera Utara Abdul Azis Batubara, Plt Kepala BPS Provinsi Sumatera Utara Ramlan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika diwilayah Tapanuli Bagian Selatan, para Asisten dan Staf Ahli, pimpinan OPD Kabupaten Padang Lawas Utara, Kepala Instansi Vertikal se-Kabupaten Padang Lawas Utara, unsur Forkopimda, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Lawas Utara Lairar Rusdi Nasution yang merupakan Ketua Panitia pelaksana kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa Launching Aplikasi Bagas Data Kabupaten Padang Lawas Utara diselenggarakan atas Dasar Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Ia menambahkan, kegiatan Launching Aplikasi Bagas Data Kabupaten Padang Lawas Utara bertujuan sebagai Layanan Informasi Pembangunan Kabupaten Padang Lawas Utara untuk mewujudkan tersedianya media dan layanan informasi pusat database Kabupaten Padang Lawas Utara dalam bentuk aplikasi dan database yang disajikan secara elektronik dengan hasil Elemen Data/Informasi sebanyak 414 Elemen (Indikator Capaian) dengan capaian Elemen sebanyak 9515 data/informasi yang tersedia di website bagasdata.padanglawasutarakab.go.id.

Sementara itu, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Abdul Azis Batubar menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara bersama jajaran yang telah mengimplementasikan aplikasi bagas data.

“Dengan adanya aplikasi data ini akan menambah tugas sekalian rekan-rekan. Perlu kita sadari bahwa untuk melakukan pembangunan pemerintah data sangat diperlukan dan akan banyak kendala di awal perubahan dimana ini akan menjadi upaya yang terbaik untuk menjadi handal di sektor pemerintah,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap agar aplikasi Bagas Data ini dapat di integrasikan bersama provinsi untuk mewujudkan visi misi menuju Padang Lawas Utara yang Beriman, cerdas, maju dan beradat.

Plt Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara Ramlan dalam sambutannya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara yang mana Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara merupakan daerah pertama di Provinsi Sumatera Utara yang telah mengimplementasikan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dengan sistem elektronik.

Sementara, dalam arahan Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap yang disampaikan oleh Sekdakab Padang Lawas Utara Burhan Harahap yang sekaligus meresmikan Aplikasi Bagas Data Kabupaten Padang Lawas Utara mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada instansi vertikal dan non pemerintahan atas partisipasi dan kontribusinya dalam penyusunan Portal Satu Data Kabupaten Padang Lawas Utara.

Beliau juga menyampaikan beberapa hal penting khususnya untuk jajaran Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara yaitu:
1. Manfaatkan Aplikasi Bagas Data sebagai acuan perencanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.
2. Untuk pemenuhan data-data harus memenuhi kaidah-kaidah prinsip satu data yaitu akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan supaya dapat penjaminan kualitas data dalam upaya proses pengambilan keputusan, perumusan kebijakan dan pengembangan layanan dapat lebih terarah dan berbasis fakta.
3. Tingkatkan capaian indikator kinerja melalui data dalam hal penilaian perolehan dana insentif daerah untuk mendukung pembangunan Kabupaten Paluta yang dapat dirasakan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Paluta.

“Kedepan semoga melalui aplikasi bagas data ini dapat mengakuratkan data dan dapat di pertanggungjawabkan serta tingkatkan capain kinerja untuk meningkatkan pembangunan daerah Kabupaten Padang Lawas Utara,” tegasnya.

Dalam kegiatan peresmian aplikasi data Bagas Data Kabupaten Padang Lawas Utara, juga dilakukan pengukuhan Operator Informasi OPD, penandatanganan kerjasama, pemberian piagam serta kegiatan lainnya.(Ar)

×
Berita Terbaru Update