Notification

×

Iklan

Iklan

Calon Jemaah Haji Kabupaten Padang Lawas Utara Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Kamis, 24 Maret 2022 | 14:28 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:23Z

Foto : Calon jemaah haji Kabupaten Padang Lawas Utara saat melakukan pemeriksaan kesehatan, Kamis (24/03/2022).

PADANG LAWAS UTARA - Sebanyak 370 orang calon jemaah haji beserta pendamping dan petugas kesehatan haji daerah Kabupaten Padang Lawas Utara untuk tahun 2022 menjalani pemeriksaan kesehatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara di Aula Puskesmas Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak, Kamis (24/03/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara dr Sri Prihatin Harahap melalui Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan bagi seluruh calon jemaah haji Kabupaten Padang Lawas Utara ini dijadwalkan akan selesai selama 2 hari yakni 23-24 Maret.

Namun pihak panitia pelaksana pemeriksaan kesehatan akan menjadwalkan perpanjangan waktu apabila ada jemaah yang kemungkinan belum sempat menjalani pemeriksaan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Pemeriksaan kesehatan ini dijadwalkan selama 2 hari yang sudah dimulai sejak semalam. Tapi nanti kita akan menjadwalkan penambahan waktu lagi mengantisipasi jika memang ada jemaah yang belum sempat menjalani pemeriksaan di hari yang kita jadwalkan,” jelasnya.

Ia menambahkan, jumlah seluruh calon jemaah haji yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai dengan daftar yang diterima dari pihak Kemenag Padang Lawas Utara adalah sebanyak 370 orang yang merupakan calon jemaah haji, tenaga pendamping dan petugas kesehatan haji.

Selain menjalani pemeriksaan kesehatan, seluruh calon jemaah haji juga diberikan vaksinasi Covid-19 (Booster), karena sebelumnya sudah pernah divaksin obat imunisasi meningitis. 

Katanya, pemberian vaksin Covid-19 ini juga sudah menjadi hal standar bagi seluruh jamaah calon haji yang akan melakukan ibadah ke tanah suci dan setelah mendapat vaksin tersebut.

"Jadi penting bagi setiap jamaah untuk diberikan vaksin Covid-19 sebelum berangkat ke tanah suci dan ini juga merupakan salah satu prosedur standar yang harus dipenuhi setiap calon haji," katanya.

Sementara, dalam pemeriksaan yang hasilnya nanti akan diteliti pihak medis itu, jika terdapat calon haji yang menderita penyakit kronis seperti TBC dan penyakit lainnya, akan diberikan resep dan obat secara gratis bagi jemaah calon haji yang merupakan peserta BPJS kesehatan dan atau juga direkomendasi untuk dirujuk ke rumah sakit agar mendapat perawatan lanjutan sebelum keberangkatan haji.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya menurunkan puluhan dokter dan tenaga medis yang dibantu oleh paramedis dari Puskesmas Gunungtua untuk memeriksa seluruh jemaah haji. Diharapkan para calon jemaah haji bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk kepentingan pemeriksaan kesehatannya.(Ar)

×
Berita Terbaru Update