Notification

×

Iklan

Iklan

Kunjungi UMKM Pengasapan Ikan, Ketua TP PKK Paluta : Kalau Untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat Akan Kita Bantu

Selasa, 19 April 2022 | 22:31 WIB Last Updated 2022-05-27T16:53:16Z
Foto : Ketua TP PKK Kabupaten Paluta Ade Aan Rostiani Andar Harahap dan Kepala Disnakan dan Keswan saat melihat proses pengasapan ikan, Selasa (19/04/2022).

PADANG LAWAS UTARA - TP PKK Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) didampingi Dinas Peternakan, Perikanan dan Kesehatan Hewan (Disnakan dan Keswan) Paluta mengunjungi pelaku usaha pengasapan ikan binaan Disnakan dan Keswan Paluta di Desa Saba Sitahul-tahul, Kecamatan Padang Bolak, Selasa (19/04/2022).

Ketua TP PKK Paluta Ny. Ade Aan Rostiani Andar Harahap menyampaikan kehadiran TP PKK Paluta dan Disnakan dan Keswan dalam rangka meninjau langsung kondisi di lapangan para pelaku UMKM.

"Kita hadir untuk melihat langsung kondisi UMKM pengasapan ikan ini, dimana kita ketahui pemasarannya di pasar-pasar sekitaran Paluta, Tapsel dan Labusel juga, Alhamdulillah UMKM-nya semakin meningkat, dan kesadaran masyarakat akan peningkatan ekonomi yang salah satunya di bidang perikanan," ujarnya.

Ketua TP PKK Paluta juga berharap produksi ikan dari pelaku UMKM pengasapan ikan ini dapat terus meningkat dengan pemasaran yang lebih luas lagi kedepannya.

"Kita senantiasa berkoordinasi dengan dinas terkait untuk meningkatkan produk ikan khas Paluta ini, produksi dan jangkauannya bisa lebih luas lagi, insyaallah kalau untuk peningkatan perekonomian masyarakat, kita akan bantu," ungkapnya.

Senada, Kepala Disnakan dan Keswan Paluta Safri Desawa mengungkapkan, sebelumnya (tahun 2015) Pemerintah Kabupaten Paluta telah memberikan bantuan berupa lemari pemanggangan (oven) kepada 25 pelaku UMKM di kabupaten Paluta.

"UMKM ini sejak tahun 2015 sudah kita bina, dan bantuan ini berupa oven, ada sekitar 25 kelompok pengasap yang tersebar di beberapa desa yang tersebar di Kabupaten Paluta," terangnya.

Safri menambahkan, Disnakan dan Keswan akan berupaya dalam membantu UMKM melalui pengetahuan cara pengasapan dan pengolahan, dan penyediaan sarana prasarana yang sesuai.

"Kita akan berupaya penuh bagaimana meningkatkan ini, mungkin melalui pengetahun, cara pengasapannya, cara pengolahannya, mungkin nanti penyenyedia sarana prasarananya kami akan berusaha," pungkasnya.(Ar)

×
Berita Terbaru Update