Notification

×

Iklan

Iklan

Bangkitkan UMKM Digital, Pemkab Paluta dan BBPSDMP Kominfo Medan Gelar Digital Entrepreneurship Academy

Jumat, 08 Juli 2022 | 23:56 WIB Last Updated 2022-07-08T16:56:58Z

Foto : Pembukaan acara DEA di hotel Sapadia oleh Plh Sekda Paluta Halongonan Siregar, Rabu (06/07/2022).

PADANG LAWAS UTARA - Dalam rangka meningkatkan kompetensi dasar-dasar kewirausahaan digital di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paluta menyelenggarakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) selama dua hari 6-7 Juli 2022 bertempat di Hotel Sapadia Gunung Tua, Rabu (06/07/2022).

Bupati Paluta Andar Amin Harahap, diwakili Plh. Sekretaris Daerah Haholongan Siregar, saat memberikan sambutan yang sekaligus membuka acara secara resmi mengucapkan terima kasih atas dipilihnya kembali Kabupaten Paluta sebagai salah satu lokasi pelaksanaan pelatihan DEA oleh BBPSDMP Kominfo Medan.

"Kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada BBPSDMP Kominfo Medan atas terselenggaranya acara ini, kita patut berbangga hati karena BBPSDMP Kominfo Medan sudah sering melaksanakan pelatihan di Kabupaten Paluta," ungkapnya.

Beliau juga berpesan kepada pelaku UMKM untuk mengikuti pelatihan DEA dengan sebaik-baiknya, sehingga apa yang diperoleh pada saat pelatihan dapat menambah pengetahuan untuk peningkatan pemasaran produk UMKM di Paluta.

Sementara itu, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto, dalam sambutannya mengatakan seluruh masyarakat harus mampu menyikapi peran dan fungsinya masing-masing dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas terutama memiliki kreativitas yang tinggi dan membangun kemandirian bangsa dengan mendorong pelaku usaha lokal, khususnya mendorong peran untuk berkecimpung dalam pasar lokal dan luar negeri di era digital. 

Ia berharap dengan adanya kerjasama semua dapat memberikan manfaat khususnya dalam pengembangan kewirausahaan digital di Indonesia dan dapat mendukung kemandirian bangsa dan eksistensi budaya bangsa. Kegiatan DEA dapat menjadi wadah komunikasi, interaksi, dan implementasi kerja digital  sehingga mampu memberikan kontribusi positif dan peningkatan kualitas sinergi dalam pembangunan ekonomi, teknologi digital dan kewirausahaan digital di Indonesia.

Irbar juga menyampaikan masyarakat Paluta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan DEA di Kabupaten Paluta yang mencapai 168 pendaftar.

"Pada awalnya hanya 100 peserta yang kita terima untuk mengikuti kegiatan ini, namun banyaknya peserta yang tetap datang akhirnya kita naikkan kuotanya menjadi 120 orang," ujarnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Plh. Sekretaris Daerah, Kepala Badan BBPSDMP Kominfo Medan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Paluta beserta jajaran, Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Ketenagakerjaan serta pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan DEA.(Ar)

×
Berita Terbaru Update