Notification

×

Iklan

Iklan

Lantik Pengurus Karang Taruna Paluta, Bupati Minta Karang Taruna Proaktif Sukseskan Pembangunan Daerah

Jumat, 30 September 2022 | 09:12 WIB Last Updated 2022-09-30T02:13:55Z

 

Foto : Bupati Paluta Andar Amin Harahap saat memberikan sambutan.

PADANG LAWAS UTARA - Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap melantik secara resmi jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Paluta periode 2021-2026 di aula Hotel Sapadia, Selasa (27/09/2022).


Pelantikan yang mengangkat tema "Menuju Karang Taruna Mandiri dan Berbudaya" tersebut, dihadiri Ketua Karang Taruna Sumatera Utara (Sumut) Dedi Dermawan Milaya beserta rombongan, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Kajari Paluta Hartam Ediyanto, Dandim 0212/TS diwakili Pabung Mayor Takbir Dahulu, Sekdakab Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Ketua Taruna Tani Sumut Darwis Halomoan Harahap, pimpinan OPD Paluta, sejumlah anggota DPRD, pimpinan OKP/Ormas kabupaten Paluta, camat beserta undangan lainnya.


Sesuai dengan surat keputusan yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Sosial Paluta Herman Sakti Siregar, Mula Rotua Siregar dilantik sebagai Ketua Karang Taruna kabupaten Paluta periode 2021-2026 dengan Sekretaris Adek Hotma Rivai Harahap dan bendahara Aswan Heri Yunus Harahap.


Ketua Karang Taruna Sumut Dedi Dermawan Milaya dalam arahannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pengurus yang dilantik dan berpesan pelantikan ini jangan cuma sekedar seremonial belaka, tetapi buatlah suatu gebrakan-gebrakan yang baik.


Dedi juga berharap, agar seluruh jajaran pengurus Karang Taruna kabupaten Paluta untuk selalu bersinergi dengan pemerintah kecamatan, desa/kelurahan serta pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat dalam membangun dan memajukan kesejahteraan sosial masyarakat serta kemajuan daerah.


"Saya sangat yakin, Karang Taruna Paluta akan maju dan berkembang, apalagi melihat antusias dan sambutan baik dari kalangan eksekutif dan legislatif kabupaten Paluta untuk bersinergi membangun daerah. Karang Taruna Kerja Keras, Cerdas dan Sejahtera,” ujar Dedi menutup sambutannya.


Senada, Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) kabupaten Paluta Amas Muda Siregar menyebutkan dirinya yakin jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Paluta yang baru dilantik mampu membantu Bupati mewujudkan visi misi pembangunannya.


"Mari bersama menciptakan ide dan kreatifitas dengan inovasi memanfaatkan sumber daya alam dan teknologi. Melalui Karang Taruna ini, saya berharap dan meyakini pemuda Kabupaten Paluta serius dalam menciptakan peluang membantu mewujudkan Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat,” tegasnya.


Pada kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Kabupaten Paluta terlantik Mula Rotua Siregar dalam sambutannya menyampaikan bahwa jajaran Karang Taruna Kabupaten Paluta mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten selalu siap untuk memberikan sumbangsih dalam program pembangunan daerah, terutama dalam mengentaskan permasalahan-permasalahan di bidang sosial.


Katanya, di era globalisasi persaingan mencari lapangan kerja semakin luas cakupannya dan butuh kualitas SDM yang mumpuni agar aset bangsa mampu bersaing secara global.


"Kami dari jajaran Karang Taruna Kabupaten Paluta siap untuk ikut berpartisipasi dalam menyongsong Indonesia emas. Kami juga akan mengupayakan semaksimal mungkin meningkatkan kualitas SDM yang ada di Paluta dan membuka UMKM yang dipergunakan untuk kepentingan bersama," ujarnya.


Tua juga menyampaikan, Karang Taruna Kabupaten Paluta saat ini sudah menggarap demplot kebun percontohan dan juga sudah memiliki produk kopi yang diberi nama kopi Hopong.


Lanjutnya, dalam waktu dekat juga Karang Taruna Paluta akan membuka Taruna Coffee sebagai langkah nyata Karang Taruna berbuat untuk Indonesia khususnya kabupaten Paluta.


"Langkah-langkah yang diambil ini adalah untuk mencapai tujuan Karang Taruna yakni terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran dan tanggungjawab sosial setiap generasi muda terutama warga Karang Taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial," tegasnya.


Bupati Paluta Andar Amin Harahap usai upacara pelantikan dalam sambutannya berharap agar Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kesehjateraan masyarakat Kabupaten Paluta melalui tugas dan fungsi Karang Taruna sebagai penyelenggara usaha kesehjateraan sosial, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda di lingkungannya secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan.


Ia menambahkan, Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada generasi muda di daerah diberbagai bidang diantaranya keorganisasian, ekonomi, olahraga, keterampilan, keagamaan dan bidang lainnya.


"Selain bermanfaat bagi pengembangan potensi pemuda, Karang Taruna juga dapat memperkuat kesetiakawanan sosial agar semangat tolong menolong menjadi identitas masyarakat khususnya di Paluta," ujarnya.


Bupati juga mengimbau agar seluruh elemen masyarakat khususnya warga Karang Taruna untuk segera berbenah dan proaktif mengambil peran sebagai motor penggerak dalam mensukseskan segala program pembangunan daerah dengan terus melakukan konsolidasi organisasi bukan hanya ditingkat kabupaten, tapi sampai ke tingkat desa.


Selaku Bupati yang juga merupakan Pembina Umum Karang Taruna Kabupaten Paluta, Andar Amin Harahap memerintahkan agar camat, Lurah dan Kepala Desa untuk mengaktifkan dan membina secara serius Karang Taruna dan Taruna Tani di wilayahnya masing-masing dan tidak hanya sampai terbentuknya saja secara kelembagaan, namun harus dilibatkan dalam pelaksanaan program dan kegiatan kepemudaan di wilayah masing-masing.


"Selamat kepada yang baru dilantik dan Pelantikan bukanlah akhir dari perjalanan suatu organisasi, tapi ini adalah awal menjalankan program yang telah disusun. Kepada seluruh jajaran OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa agar dapat bersinergi dengan Karang Taruna melalui program yang dapat menyentuh kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.


Pantauan, pelantikan ditandai dengan penyerahan Panji Karang Taruna oleh Ketua Karang Taruna Sumut Dedi Dermawan Milaya kepada Ketua Karang Taruna Paluta Mula Rotua Siregar untuk dapat dikibarkan diseluruh Kecamatan hingga Desa di Kabupaten Paluta. Kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan SK Taruna Tani oleh Ketua Taruna Tani Sumut Darwis Halomoan Harahap kepada pengurus Taruna Tani Kabupaten Paluta.(Ar)

×
Berita Terbaru Update