Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN Tematik 2023 ITS Paluta Desa Nagasaribu Buat Pupuk Kompos Bersama Kelompok Tani Panganas

Sabtu, 18 Maret 2023 | 11:49 WIB Last Updated 2023-03-18T04:49:20Z

Foto : Kelompok 4 KKN Tematik 2023 ITS Paluta bersama Kelompok Tani Panganas, Kamis (16/3/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Kelompok 4 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2023 Institut Teknologi dan Sains Kabupaten Padang Lawas Utara (ITS Paluta) memperkenalkan cara pembuatan pupuk kompos melalui penyuluhan di Desa Nagasaribu, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Paluta, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan oleh seluruh anggota Kelompok 4 KKN Tematik ITS Paluta Desa Nagasaribu bersama dengan Kelompok Tani Palangas Desa Nagasaribu.

Ketua Kelompok 4 KKN Tematik ITS Paluta 2023 Desa Nagasaribu Mahmul Harahap, mengatakan bahwa adanya pembuatan pupuk kompos ini, bisa membantu masyarakat desa Nagasaribu yang notabenenya bekerja sebagai petani.

"Kegiatan ini juga untuk mengajarkan bagaimana memanfaatkan bahan organik yang bisa membantu para kepala tani, bahan organik yang digunakan diantaranya kotoran ternak, jerami kering, dan dedak padi," tuturnya.

Senada dengan hal itu, salah seorang mahasiswa KKN Yaumuddin Siregar menuturkan, penyuluhan tersebut tidak hanya sebatas pemberian teori tetapi langsung mengaplikasikan kepada masyarakat.

"Kita langsung praktek, memberikan pemahaman, mengarahkan sekaligus memberikan contoh cara pengerjaannya," ujarnya.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Palangas Drs. H. Sanusi Siregar, MM, sangat mengapresiasi kinerja mahasiswa KKN yang berada di Desa Nagasaribu. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mayoritas merupakan petani.

"Kami dari pihak kelompok tani sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN di Desa Nagasaribu, dengan adanya penyuluhan seperti ini sangat membantu kami ditengah - tengah kondisi tinggi harga pupuk," ungkapnya.

Selain melakukan pembuatan pupuk kompos, mahasiswa KKN dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) ITS Paluta juga melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat dalam melakukan pemasaran produk melalui media sosial.

×
Berita Terbaru Update