Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Kelompok 1 KKNT 2024 ITS Paluta Ajak Masyarakat Tingkatkan Ketahanan Pangan Mandiri

Sabtu, 25 Mei 2024 | 11:55 WIB Last Updated 2024-05-25T04:55:27Z
Foto: Kelompok 1 KKNT 2024 ITS Paluta di pekarangan rumah yang ditanami tanaman pangan.

PADANG LAWAS UTARA - Mahasiswa Kelompok 1 KKNT 2024 Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara (ITS Paluta) mengedukasi masyarakat di Desa Sipupus Lombamg, Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) untuk meningkatkan ketahanan pangan pada 16 Mei 2024 lalu.

Ari Rahmat Kurnia Siregar, Ketua Kelompok 1 KKNT 2024 ITS Paluta mengungkapkan, pemanfaatan pekarangan rumah masyarakat guna mendukung ketahanan pangan mandiri.

"Saat ini, kita semua menghadapi tantangan dalam menjaga ketahanan pangan. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam tanaman pangan," ujarnya, Sabtu (25/5/2024) kepada infotabagsel.com

Menurut mereka, pemanfaatan pekarangan rumah tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga, tetapi juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat.

"Dengan memanfaatkan pekarangan, kita dapat menanam berbagai jenis sayuran, buah-buahan, dan tanaman obat-obatan. Ini tidak hanya berguna untuk konsumsi sendiri, tetapi juga dapat dijual untuk menambah penghasilan keluarga," ungkap Ari dan kelompoknya.

Kelompoknya berharap, apa yang dilakukan kelompoknya dapat menginspirasi dan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk melakukan penanaman tanaman pangan di pekarangan rumah.

"Kami berharap apa yang kami lakukan dapat dicontoh dan dilakukan oleh warga lainnya untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam tanaman pangan," tukasnya.

×
Berita Terbaru Update