Notification

×

Iklan

Iklan

Atlet Asal Paluta Hendri Fardli Sumbang Emas untuk Pencak Silat Sumut

Jumat, 13 September 2024 | 19:30 WIB Last Updated 2024-09-13T12:30:10Z
Foto: Hendri Fardli berikan medali emas ketiga untuk Pencak Silat Sumut. (PB PON Sumut/Andy Aditya).

MEDAN - Pencak silat Sumatera Utara (Sumut) meraih medali emas ketiga setelah Hendri Fardli mengalahkan pesilat Jawa Timur Eko Febrianto 10-5 pada pertandingan final di GOR Veteran Disporasu, Jumat (13/9/2024).

Menerapkan strategi bertahan, Hendri yang bertanding di kelas J Putra harus menghadapi serangan-serangan Eko. Namun, dia sama sekali tidak terpancing dan terus menanti momen pas untuk melakukan teknik jatuhan.

Upayanya berhasil hingga penghujung babak ketiga, saat Hendri berhasil mengumpulkan 7 poin, Eko justru mendapat hukuman karena melakukan pukulan ke daerah terlarang. Akibatnya, Eko yang sudah mengumpulkan 4 poin, dikurangi menjadi 2 poin.

Sisa waktu 24 detik babak ketiga menjadi waktu krusial bagi kedua pesilat. Eko terus menekan dengan melakukan berkali-kali tendangan, namun hanya menghasilkan tiga poin. 

Sedangkan Hendri berhasil melakukan jatuhan dan memperoleh tambahan 3 poin menjadi 10 poin. Usai pertandingan, Hendri mengaku sangat bersyukur bisa mempersembahkan medali emas untuk Sumatera Utara. Medali ini dipersembahkannya untuk bayinya yang baru berusia 4 bulan.

"Medali ini saya persembahkan untuk anak saya yang masih berusia 4 bulan. Saya tidak bisa menanti kelahirannya, karena harus menjalani latihan di Bandung selama hampir satu tahun," ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Diakui pesilat asal Padang Lawas Utara (Paluta) ini, perjuangan untuk merebut medali emas di PON XXI cukup berat. Selama hampir satu tahun menjalani pelatihan di Bandung.

"Jauh dari keluarga. Terlebih saat itu istri saya lagi mengandung anak pertama dan saya tidak bisa menunggui istri saat melahirkan. Sangat berat. Alhamdulillah semuanya terbalas. Perjuangan saya tidak sia-sia dan berhasil mempersembahkan medali emas," katanya.

Hendrik juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih yang begitu sabar mendampingi dan memberikan motivasi kepada para pesilat.

×
Berita Terbaru Update