Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Tim Verifikasi STBM Award, Pj Bupati: Kabupaten Paluta Satu-satunya Dari Sumut Lulus Verifikasi Dokumen

Rabu, 11 September 2024 | 18:00 WIB Last Updated 2024-09-12T11:43:31Z

Foto: Tim verifikasi STBM Award kunjungi Kabupaten Paluta, Rabu (11/9/2024).

Gunungtua - Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, bersama Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Paluta Ny. Sefti Helida Patuan Rahmat Syukur Parlaungan Hasibuan didampingi Kepala Dinas Kesehatan menyambut kedatangan Tim Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award di Kabupaten Paluta, Rabu (11/9/2024).

Acara yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati tersebut, dihadiri Pabung Paluta 0212/TS Mayor Inf. Takbir Dahalu, Danramil 05/PB Kapten Cpl Mahmud Nasution, Danramil 06/Dolok Kapten Inf. Jungkarnaen Siregar, Para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Camat se Kabupaten Paluta, Kepala Puskesmas se Kabupaten Paluta, dan undangan lainnya.

Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award di Kabupaten Paluta.

Patuan menjelaskan bahwa program STBM memiliki 5 pilar yaitu, stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan dirumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

STBM Award menjadi ajang pengakuan atas keberhasilan daerah dalam upaya percepatan perubahan perilaku masyarakat hidup sehat dengan tidak ada lagi praktik buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun dan mengelola air minum dan makanan di rumah tangga.

Keberlanjutan kinerja Bupati Paluta mendapatkan penghargaan STBM Award  tingkat nasional tahun 2023 kategori Pratama yaitu pilar 1 stop buang air besar sembarangan, tentu untuk mencapai titik ini memerlukan proses yang sangat panjang sejak tahun 2016 lalu, dan untuk meneruskan prestasi yang sudah di capai, program STBM ini terus berjalan hingga pada tahun 2024 ini kabupaten Paluta akan menuntaskan pilar 2 cuci tangan pakai sabun dan pilar 3 pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga tentunya tidak terlepas dari dukungan dan perhatian seluruh OPD terkait, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, mitra kerja pemerintah daerah dan juga seluruh masyakat.

"Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita, Kabupaten Padang Lawas Utara satu-satunya kabupaten dari Sumatera Utara telah lulus verifikasi dokumen di tingkat pusat dan selanjutnya akan dilaksanakan verifikasi lapangan oleh tim pusat yaitu akan memastikan apakah dokumen yang sudah kita laporkan sesuai dengan kondisi di lapangan," ujar Patuan.

"Oleh karena itu, pada hari ini tim verifikasi telah sampai di Kabupaten Padang Lawas Utara dan akan melaksanakan penilaian verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan, besar harapan tim verifikasi apa yang ada di dokumen sesuai dengan kondisi di lapangan, apabila tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, mohon arahan dan bimbingannya untuk masyarakat Paluta lebih baik dan akan dilakukan perbaikan," pesannya.

×
Berita Terbaru Update